Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi yang Baru Lahir | Doa Meniup Ubun-ubun Bayi

Kumpulan Doa-Doa-,Setiap individu manusia merupkan hamba dari sang penciptanya, sehingga sepatutnya kita menjadi seorang hamba yang sesungguhnya tanpa menyombongkan apa pun yang kita miliki. Karena Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi yang Baru Lahir | Doa Meniup Ubun-ubun Bayi pada sesungguhnya itu semua meruapkan kepunyaan -Nya. Hanya dengan memiminta dan berdoa yang sepatutunya kita sepenuhnya menggantungkan harapan kepada sang pencipta kita yaitu Allah SWT. Dan tanpa adanya kesombongan yang menyertainya.

Namun bagaimana dengan bacaan Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi yang Baru Lahir | Doa Meniup Ubun-ubun Bayi dalam berdoa yang baik, itu tergantung kita semua, khusus untuk para muslim dan muslimat kita kan mengulas bacaan dan tatat cara dalam berdoa yang baik. Yang mana ada beberapa kaidah yang harus kita penuhi untuk dalam adab dan tatacaranya. Selain kita harus dalam keadaan bersih hati dan iklas kita juga harus dalam keadaan penuh pengharapan yang tulus. Dan bicara mengenai Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi yang Baru Lahir | Doa Meniup Ubun-ubun Bayi , anjuran tentang hal ini tentu saja pernah diajarkan oleh para pendahulu kita para guru-guru kita. Dan kita sepatutunya untuk mengikuti sesuai dengan anjuran yang sempurna. Doa memang sejatinya merupakan tempat tumpuan kita untuk meminta dan sekaligus untuk mecurahkan segala persoalan dalam hidup kita yang selama ini kita jalani. Denagn harapan kita diberika temoat kepercayaan oleh Allah SWT , untuk memperolah hidup yang penuh berkah dan barokah dalam kehidupan kita.
Yang mana segala persoaalan yang ada baik itu persoalan yang kecil atau besar dapat diselesaikan dengan mudah. Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi yang Baru Lahir | Doa Meniup Ubun-ubun Bayi Dan yang paling penting adalah kita mampu menjadi diri pribadi yang penuh dengan keiklasan tanpa adanya banyak angan-angan yang kosong semaata. Cita-cita yang tinggi memang perlu untuk kita sebagai pengembangan diri tapi tentunya harus ada ikhtiar yang juga.

Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi yang Baru Lahir - Setelah bayi lahir disunahkan menyembelih hewan aqiqah pada hari ke tujuh setelah kelahiran bayi. Selain itu bayi yang baru lahir tersebut dicukuri rambut kepalanya. Artinya, dicukur habis atau digundul. Dan sunnah ini dilakukan pada hari ketujuh sama dengan pelaksanaan aqiqah. Berdasarkan hadis dari Salman bin Amir Ad-Dhabbi radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,

مَعَ الْغُلَامِ عَقِيقَةٌ فَأَهْرِيقُوا عَنْهُ دَمًا وَأَمِيطُوا عَنْهُ الْأَذَى

“Setiap anak ada aqiqahnya, sembelihlah aqiqah untuknya dan buang kotoran darinya.” (HR. Bukhari 5471)



 

Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi yang Baru Lahir
Dalam hadis lain, dari Samurah radhiyallahu ‘anhu, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda,


الْغُلَامُ مُرْتَهَنٌ بِعَقِيقَتِهِ يُذْبَحُ عَنْهُ يَوْمَ السَّابِعِ وَيُسَمَّى وَيُحْلَقُ رَأْسُهُ

Setiap anak tergadai dengan aqiqahnya, disembelih di hari ketujuh, diberi nama, dan dicukur kepalanya. (HR. Nasai 4149, Abu Daud 2837, Turmudzi 1522, dan dishahihkan Al-Albani)

Ibn Abdil Bar mengatakan,



الحلق معنى أميطوا عنه الأذى

Makna: “buang kotoran dari bayi” adalah mencukur rambutnya. (Al-Istidzkar, 5/315)

Adapun bacaan doa ketika mencukur rambut bayi yang baru lahir adalah sebagai berikut : 


بِسْمِ اللهِ الرَّحْمٰنِ الرَّحِيمِ. الْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ. اللّٰهُمَّ نُوْرُ السَّمَوَاتِ وَنُوْرُ الشَّمْسِ وَالْقَمَرِ ، اللّٰهُمَّ سِرُّ الله نُوْرُ النُّبُوَّةِ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ. وَالْحَمْدُ لِلّٰهِ رَبِّ الْعَالَمِينَ.

Adapun untuk bacaan doa ketika meniup ubub-ubun bayi adalah sebagai berikut :

اللّٰهُمَّ إِنِّى أُعِيْذُهَا وَذُرِيَّاتَهَا بِكَ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْم

Doa -Doa Lainnya:
Bacaan Doa Bagi Wanita Yang Sulit Melahirkan

Demikian Bacaan doa mencukur rambut bayi yang baru lahir dan doa ketika meniup ubun-ubun bayi yang dapat kami bagikan pada artikel kali ini. Sebagai catatan Hal yang perlu diperhatikan ketika anda mencukur bayi hendaknya harus menggunakan alat-alat cukur yang steril dan bersih agar saat proses mencukur kulit kepala bayi juga ikut bersih dan tidak terkena kuman bakteri yang bisa menimbulkan penyakit untuk kepala bayi yang kita cintai.

Baca:


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Doa Mencukur Rambut Bayi yang Baru Lahir | Doa Meniup Ubun-ubun Bayi"

Posting Komentar