Bacaan Doa Ketika Masuk dan Meninggalkan Kota Madinah Munawarah

Kumpulan Doa-Doa-,Setiap individu manusia merupkan hamba dari sang penciptanya, sehingga sepatutnya kita menjadi seorang hamba yang sesungguhnya tanpa menyombongkan apa pun yang kita miliki. Karena Bacaan Doa Ketika Masuk dan Meninggalkan Kota Madinah Munawarah pada sesungguhnya itu semua meruapkan kepunyaan -Nya. Hanya dengan memiminta dan berdoa yang sepatutunya kita sepenuhnya menggantungkan harapan kepada sang pencipta kita yaitu Allah SWT. Dan tanpa adanya kesombongan yang menyertainya.

Namun bagaimana dengan bacaan Bacaan Doa Ketika Masuk dan Meninggalkan Kota Madinah Munawarah dalam berdoa yang baik, itu tergantung kita semua, khusus untuk para muslim dan muslimat kita kan mengulas bacaan dan tatat cara dalam berdoa yang baik. Yang mana ada beberapa kaidah yang harus kita penuhi untuk dalam adab dan tatacaranya. Selain kita harus dalam keadaan bersih hati dan iklas kita juga harus dalam keadaan penuh pengharapan yang tulus. Dan bicara mengenai Bacaan Doa Ketika Masuk dan Meninggalkan Kota Madinah Munawarah , anjuran tentang hal ini tentu saja pernah diajarkan oleh para pendahulu kita para guru-guru kita. Dan kita sepatutunya untuk mengikuti sesuai dengan anjuran yang sempurna. Doa memang sejatinya merupakan tempat tumpuan kita untuk meminta dan sekaligus untuk mecurahkan segala persoalan dalam hidup kita yang selama ini kita jalani. Denagn harapan kita diberika temoat kepercayaan oleh Allah SWT , untuk memperolah hidup yang penuh berkah dan barokah dalam kehidupan kita.
Yang mana segala persoaalan yang ada baik itu persoalan yang kecil atau besar dapat diselesaikan dengan mudah. Bacaan Doa Ketika Masuk dan Meninggalkan Kota Madinah Munawarah Dan yang paling penting adalah kita mampu menjadi diri pribadi yang penuh dengan keiklasan tanpa adanya banyak angan-angan yang kosong semaata. Cita-cita yang tinggi memang perlu untuk kita sebagai pengembangan diri tapi tentunya harus ada ikhtiar yang juga.

Doa Ketika Masuk Kota Madinah - Kota Madinah Munawarah adalah kota suci kedua yang paling utama untuk dikunjungi umat Islam setelah Mekah. Di sanalah terletak Masjid Nabawi yang didirikan tahun 622 M atau tahun pertama hijriah, setelah Nabi Shallallahu ‘alaihi wassallam hijrah dari Mekah ke Madinah.

Kota Madinah secara geografis terletak antara 39″ – 40″BT dan 24″ – 25″ LU. Permukaan kota rata dan dikelilingi bukit-bukit, tinggi daratan kota ini adalah kira-kira 600 meter dari permukaan air laut. madinah merupakan kota yang subur dan mudah didapat air karena pada zaman dahulu merupakan oase besar yang ada ditengah-tengah padang pasir.

Rasulullah menjadikan kota ini sebagai tempat tinggalnya hingga beliau wafat, Rasulullah pula yang mengganti nama Yastrib menjadi al-Madinah al Munawarah yang mempunyai arti kota yang mendapat cahaya ataunama lainnya yaitu Madinan an-Nabi yang artinya kota nabi. 

Itulah sejarah singkat mengenai kota Madinah dan Sekarang tiba saatnya admin akan membagkan Bacaan Doa Ketika Masuk dan Meninggalkan Kota Madinah Munawarah. Berikut ini Doanya : 
 Doa Ketika Masuk Kota Madinah


اَللَّھُمَّ ھَذَا حَرَمُ رَسُوْلِكَ فَاجْعَلْه وِقَايَةً مِنَ النَّارِ وَأَمَانَةً مِنَ الْعَذَ ابِ وَسُوْءِ الْحِسَابِ

“Ya Allāh, negeri ini adalah tanah ḥaram Rasul-Mu Muḥammad `, maka jadikanlah penjaga bagiku dari neraka, aman dari siksa dan buruknya ḥisab.

Doa Ketika Meninggalkan Kota Madinah

 اَللَّھُمَّ صَل عَلَى مُحَمَّدٍ وَعَلَى آلِ مُحَمَّدٍ وَلاَ تَجْعَلْهُ آخِرَ الْعَھْد بِنَبِیِّكَ وَحُطَّ أَوْزَارِيْ بِزِيَارَتِهِ وَأَصْحِبْنِيْ فِيْ سَفَرِى السَّلاَمَةَ وَيَسِّرْ رُجُوْعِيْ إِلَى أَھْلى وَوَطَنِيْ سَالِمًا يَا أَرْحَمَ الرَّاحِمِیْنَ

“Ya Allāh limpahkanlah raḥmat, ṣalawat dan salam kepada Nabi Muḥammad ` dan keluarganya dan janganlah menjadikan kunjungan ini sebagai kunjungan akhir kedatanganku kepada Nabi-Mu,
hapuskanlah segala dosaku dengan menziarahinya dan sertakan keselamatan dalam perjalananku serta mudahkanlah kepulanganku ini menuju keluargaku dan tanah airku, dengan selamat,
wahai Tuhan Yang Maha Pengasih dari segala yang pengasih.”

Kota Madinah yang penuh berkah ini telah dimuliakan oleh Allâh Azza wa Jalla dan diberi berbagai keutamaan. Allâh Azza wa Jalla menjadikannya sebagai tempat terbaik setelah Mekah. Yang menunjukkan keutamaan Mekah atas Madinah yaitu sabda Rasûlullâh Shallallahu ‘alaihi wa sallam ketika Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam diusir dari Mekah dan hijrah menuju Madinah. Beliau Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda kepada Mekah:


وَاللَّهِ إِنَّكِ لَخَيْرُ أَرْضِ اللَّهِ وَأَحَبُّ أَرْضِ اللَّهِ إِلَى اللَّهِ وَلَوْلاَ أَنِّي أُخْرِجْتُ مِنْكِ مَا خَرَجْتُ

Demi Allâh! Sesungguhnya kamu merupakan bumi Allâh yang terbaik, tempat yang paling dicintai oleh Allâh. Seandainya aku tidak diusir darimu niscaya aku tidak akan keluar darimu. [HR. at-Tirmizdi dan Ibnu Mâjah.]


Selengkapnya tentang Doa Doa Haji dan Umroh


Bacaan Doa Memohon Supaya Bisa Cepat Naik Haji dan Umroh

Bacaan Doa Ketika Masuk Negeri Mekah dan Masuk Pintu Masjidil Haram


Bacaan Doa Ketika Memulai Sa'i dan Artinya


Bacaan Doa Ketika Masuk Kota Mekah/Tanah Harom
Hadist-Hadits yang menunjukkan keutamaan kota Madinah sangat banyak. Apa yang disebutkan hanya beberapa hadits saja yang terdapat dalam Shahîh al-Bukhâri dan Shahîh Muslim atau salah satu dari mereka. Sekian semoga paparan ini bermanfaat.

Baca:


Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Bacaan Doa Ketika Masuk dan Meninggalkan Kota Madinah Munawarah"

Posting Komentar